Naturalisasi; Sebuah Strategi*

Naturalisasi merupakan fenomena yang menarik dalam dunia olah raga . Hal yang menarik dari naturalisasi adalah positif dan negatifnya yang hangat diperbincangkan oleh pecinta olah raga. Hal ini sering diperbincangkan semenjak Timnas sepak bola Indonesia mengalahkan  beberapa negara tetangga akhir-akhir ini. Pemain naturalisasi Timnas menjadi icon karena banyak mencetak gol.

Naturalisasi menjadi posotif ketika ditujukan untuk mendongkrak prestasi olah raga di Indonesia seperti yang dikatakan oleh Menpora, Andi Malarangeng. Selain itu naturalisasi secara tidak langsung merupakan penghargaan bagi atlet asing yang mau berkontribusi membela tanah air Indonesia. Sinergi antara strategi peningkatan prestasi dan penghargaan merupakan pembenaran yang tepat bagi naturalisasi.

Naturalisasi juga memiliki potensi negatif. Tidak menutup kemungkinan ketika pembinaan atlet tidak maksimal pemain naturalisasi akan terus menjadi andalan dan selanjutnya terjadi ketergantungan. Boleh jadi keadaan ini akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang berkepentingan tanpa mempedulikan nasionalisme murni yang menjunjung bangsa Indonesia. Orientasi mereka hanya materi yang akan didapat sebagai imbas dari prestasi-prestasi Timnas. Oleh karena itu naturalisasi harus kita jadikan strategi jangka pendek, bukan andalan.

*Wacana ini pernah didiskusikan pada mata kuliah Kewarganegaraan di IPB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s