Pemikiran klasik II

HK Islamic Boarding School

Sabtu, 18 April 2009
Pemikiran

Berdebat merupakan salah satui akibat dari adanya dinamika Intelektual. Pemikiran yang berbeda-beda menimbulkan pertentangan. Akan tetapi, justru dinamika seperti itu menandakan adanya kemajuan berfikir suatu masayarakat.

Sebagian kelompok merasa khawatir dengan realita pemikiran Islam modern. Mereka menganggap pemikiran Islam sekarang sudah banyak dipengaruhi oleh pemikiran barat yang sarat dengan materialisme dan sekulerisme. Bahkan ada salah satu jama’ah yang melarang pengikutnya untuk membaca buku-buku yang pengarangya bukan berasal dari anggota-anggota ataupun tokoh-tokoh jama’ah tersebut.

Sebagian kelompok yang lain beranggapan bahwa pemikiran-pemikiran yang ada merupakan bagian dari khazanah islamiyyah. Dalam hal ini ada yang membatasi pendapatnya dalam batasan-batasan tertentu. Ada pula yang melabrak batas-batas sehingga terlihat hiper agresif dan liar.

Bagaimanapun juga kita harus berhati-hati dalam dunia pemikiran. Kita tidak boleh terburu-buru dalam menilai suatu statement seseorang. Kecuali apabila kita mendalami hal-hal yang barkaitan dengan statement tersebut. Yang terpenting dan wajib bagi kita adalah memperluas tsaqofah. Sehingga, pemahaman kita menjadi lebih dalam dan dapat berbicara dan bertindak lebih bijak.

Ahad, 19 April 2009 Pukul 08.25 WIB
Malas

Rasa malas seringkali merayu manusia untuk beraktifitas sekehendak hatinya. Orang bisa mencorat-coret tembok hanya karena malas. Marah-marah karena malas. Tidur karena malas. Mengkhayal karena malas. Boleh jadi sesorang mencuri, korupsi, merampok, membunuh, memperkosa, dan bunuh diri karena malas juga. Ternyata kalau direnungi secara mendalam, statement itu bisa jadi mutlak benar.

Ahad, 19 April 2009 Pukul 08.30 WIB
Marah

Muhammad Salallahu Alaihi wa Sallam pernah berkata, “Jangan marah !………” Perkataan itu diulang-ulang. Seharusnya orang yang mengaku umatnya menelusuri semua perkataannya. Belakangan diketahui, ternyata marah memiliki dampak negatif yang sangat besar.

Ahad, 19 April 2009 Pukul 08.33
Egoisme

Salah satu penyebab egoisme adalah dangkal pemahaman. Seorang manusia yang egois akan langsung mengeluarkan ‘statement pedas’ tanpa tabayun terlebih dahulu. Orang-orang seperti itu akan tampak mengelikan di depan orang-orang yang memilliki wawasan luas, pemahaman mendalam, dan bijaksana.

Rabu, 22 April 2009 Pukul 10.55
Gejolak Pemikiran

Gejolak pemikiran selalu membuat seseorang merubah pola hidupnya. Ada yang tadinya sering bermain dan hobi ngobrol menjadi pendiam dan sering membaca. Keras kepala menjadi penyabar. Penggemar politik menjadi pembenci politik. Bahkan ada yang rajin sholat menjadi malas untuk sholat dan lain sebagainya.

Perubahan pola hidup tersebut sebenarnya merupakan suatu kewajaran. Dimana seseorang menjalani hidunya sesuai dengan pemahamannya. Apa yang ia pahami dan yakini itulah yang ia lakukan. Oleh sebab itu kita tidak usah heran apabola orang-orang liberal melontarkan ‘statement-statement nakal’ dan mempraktekannya.

Kewajiban kita terhadap berbagai pemikiran adalah mengkajinya. Jika bersebrangan dengan konsep Islam yang murni maka kita harus membantahnya dan memperingatkan umat akan kesesatan dan bahayanya. Jika sejalan maka kita harus katakan itu cuma bagian kecil dari kesempurnaan agama Islam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s