Untukmu, Generasi Baru di Kampus Rakyat

Assalamu’alaikum wr. wb.

Tiba saatnya kita menyambut generasi baru. Generasi yang akan melanjutkan estafeta kaum terdidik yang mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selamat datang generasi baru, selamat belajar dan menempa diri di kampus rakyat, kampus pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Generasi demi generasi silih berganti mengisi ruang-ruang belajar di kampus kita, mengisi perpustakaan, mengisi kelas-kelas, mengisi laboratorium, mengisi taman-taman, mengisi koridor-koridor, mengisi banyak auditorium, mengisi tempat praktikum dan penelitian, sampai pada akhirnya mengisi Ghraha Widya Wisuda untuk dilepas mengabdi pada negeri bukan hanya untuk menikmati kesuksesan pribadi.

Bagi mahasiswa baru IPB, kedatangan di kampus ini adalah kedatangan yang penuh harapan. Harapan akan tempat belajar yang nyaman, harapan akan dosen dan teman yang menyenangkan, harapan akan tempat menempa diri yang menjanjikan kesuksesan. Tidak semua realita yang dihadapi akan sesuai harapan, tetapi inilah takdir yang diberikan Tuhan. Syukuri dan hadapilah kehidupan. Optimisme dan kedekatan kepada Tuhan akan membuat kita sadar bahwa kita di tempatkan di sini tanpa kesia-siaan. Ada banyak yang bisa kita dapatkan, tidak hanya sains dan ilmu sosial, di luar kelas kita juga akan dapatkan segudang pengalaman. Tanyalah kakak kelas yang sudah menuai banyak kesuksesan. Mintalah bagian kesuksesan yang dititipkan kepada mereka. Ada jatah kesuksesan orang lain yg dititipkan kepada mereka, yaitu ilmu dan penggalaman yang harus mereka bagikan.

Rindu orang tua bisa jadi membuat sebagian mahasiswa baru ingin kembali ke rumah. Akan tetapi pesan dan harapan orang tua juga menjadi cambuk penyemangat untuk tidak terlalu berlama-lama di rumah dan berusaha menggapai berbagai kesuksesan di kampus.

Kampus ini kental dengan nuansa kesederhaan dan keagamaan. Kampus ini terkenal dengan berbagai inovasinya. Kampus ini terkenal dengan kegiatan mahasiswanya yang sangat banyak dan multi passion. Kampus ini merupakan kampus besar yang terkenal dengan kepercayaan dirinya dalam memimpin berbagai forum nasional. Itu semua memang bukan hanya kebanggan, akan tetapi juga motivasi bagi mahasiswa baru untuk percaya diri akan statusnya sebagai mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

Selamat menyerap dan menebar manfaat di kampus ini. Luweslah dalam bergaul. Kenali dan carilah sebanyak-banyaknya sahabat. Dekatlah dengan banyak dosen sebagai orang tua kita di kampus. Tegur sapa lah dengan masyarakat sekitar. Jangan lupa, dekatlah dengan petani, buruh tani, dan kaum yang kurang beruntung. Kita diberi keberuntungan untuk bisa menimba ilmu di kampus ini, ada tanggung jawab di pundak kita atas nasib mereka.

Ucapkan ke dalam diri. Sekarang kita adalah mahasiswa.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

One thought on “Untukmu, Generasi Baru di Kampus Rakyat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s