Apa itu #IPBberanibeda

Sahabatku, Mahasiswa Kampus Rakyat, Kampus Pertanian.

Perkenalkan, nama saya Diki Saefurohman, Mahasiswa Departemen Hasil Hutan angkatan 2010.

Awalnya ide #IPBberanibeda terpikir ketika menyadari bahwa setiap kita itu unik. Kita punya karakter yang berbeda-beda. Dari dasar karakter itu, saya menyadari bahwa kita tentunya memiliki potensi positif yang berbeda-beda pula.

Potensi positif bisa berupa bakat yang kita punya dan minat yang kita geluti. Maka ada di antara teman kita yang menjadi mahasiswa dengan akademik yang mengagumkan, atlet olah raga yang oke punya, entrepreneur muda, seniman yang artistik, aktivis sosial, aktivis lingkungan, penjelajah alam yang tangguh, organisatoris yang super sibuk, dan lain sebagainya.

Kemudian ada permasalahan yang sederhana, beragamnya potensi positif itu seolah-olah menjadi sekat yang memisahkan kesadaran kesamaan dan kebersamaan kita sebagai mahasiswa kampus pertanian. Oleh sebab itu perlu ada simpul  yang menyatukan persepsi kita sebagai satu kesatuan.

Menurut saya ada 3 hal yang bisa menjadi simpul itu,

Pertama, semangat berkontribusi untuk sesama mahasiswa dan masyarakat

Simpul ini dibangun agar kita, kaum muda kembali bersinergi dalam kebersamaan berbuat untuk orang lain, yaitu keluarga kita sesama mahasiswa dan masyarakat.

Kedua, budaya apresiasi

Simpul ini dihidupkan agar kita, kaum muda saling menghormati keberagaman kita, menghargai peran masing-masing, memberikan dukungan dan  saling menghidupkan semangat berkarya.

Ketiga, karakter pertanian

Simpul ini diciptakan agar kita memiliki identitas sebagai mahasiswa kampus pertanian yang siap mendedikasikan potensi positifnya untuk membantu masyarakat, khususnya petani dalam arti luas.

Tiga hal tersebut merupakan simpul yang bisa mengokohkan kita. Tiga hal inilah yang akan membedakan kita dengan mahasiswa kampus lainnya. Tiga hal inilah yang saya usung sebagai ide segar yang mampu menghimpun karya mahasiswa sesuai potensi positifnya masing-masing.

BERANI BEDA

Ide itu adalah penjelmaan semangat untuk berkarya dengan keunikan perseorangan maupun kelompok.  Ide itu adalah dorongan untuk kita agar tidak ragu dan malu menunjukan karya kita. Ide itu adalah untuk menyadarkan kita agar mengakui dan menghargai karya dan kontribusi diri sendiri dan orang lain.

Oleh karena itu wahai sahabat,

Ayo kita tunjukan bahwa kita BERANI BEDA untuk berkarya dan berkontribusi sesuai potensi masing-masing, BERANI BEDA untuk saling mengapresiasi, dan BERANI BEDA untuk kembali kepada identitas kita sebagai mahasiswa pertanian!

Diki Saefurohman

Calon Presiden Keluarga Mahasiswa IPB 2013-2014

2 thoughts on “Apa itu #IPBberanibeda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s