Bagaimana kita memaknai #IPBberanibeda?

Ide #IPBberanibeda bisa dikatakan merupakan ide tentang sharing value. Oleh sebab itu dalam konteks pemahaman ini, penekanan ide bukan pada “Apa ide yang benar-benar beda yang dibawa untuk KM IPB?”, akan tetapi lebih kepada “Bagaimana seharusnya kita berkontribusi untuk sesama mahasiswa dan masyarakat sebagai mahasiswa IPB?” Terkait ini kami beri penjelasan pada tulisan apa itu #IPBberanibeda?

Sebenarnya jika yang diharapkan adalah ide yang benar-benar segar, berbeda dengan BEM KM sebelum-sebelumnya, maka kami pun maju dengan membawa ide-ide sperti itu. Karena kami menyadari bahwa sesuatu yang lebih baik tentu harus berbeda.

Ide baru yang dibawa oleh kami bisa kategorikan sesuai empat misi yang kami bawa,

Pertama, terkait misi penguatan sistem organisasi. Kami hendak membuat SOP surat menyurat, keuangan, event organizer, kerjasama, dan publikasi. Sebenarnya ini merupakan nilai visioner yang kami ingin bangun untuk keberlanjutan BEM KM IPB ke depan agar kaya akan referensi operasional organisasi. Rencananya semua SOP yang dibuat akan dishare sebagai salah satu referensi operasional LK KM IPB. Kami berharap SOP tersebut bisa menjadi salah satu bahan untuk memperkaya budaya perbaikan organisasi yang kontinyu.

Kedua, terakit misi gerakan pertanian. Kami hendak memperkuat opini pertanian dengan membuat situs pertanian untuk mahasiswa. Kami memiliki harapan, dengan hadirnya situs ini, secara kontinyu dan bertahap kesadaran akan kewajiban kita berpartisipasi dalam pembangunan pertanian terbangun dengan cukup baik. Kemudian dari kesadaran itu kami berharap lahirnya kontribusi mahasiswa untuk pertanian.

Adapun untuk mempopulerkan gerakan pertanian, kami hendak menonjolkan icon pertanian pada setiap propaganda gerakan. Selain itu kami hendak mewarnai propaganda tersebut dengan kreatifitas seni yang mahasiswa IPB miliki.

Ketiga, terkait misi kontribusi untuk mahasiswa dan masyarakat. Kami hendak merekrut duta mahasiswa dari semua kelas sebagai upaya membangun kekuatan kolaborasi dalam upaya mengadvokasikan kebutuhan mahasiswa. Dari kolaborasi model seperti ini diharapkan aspirasi mahasiswa lebih representatif dan terserap dengan efektif. Kami harap ini akan menjadi kekuatan kebersamaan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhannya.

Adapun terkait kontribusi bagi masyarakat. Kami hendak mengalihkan fokus pengabdian kepada masyarakat sekitar kampus. Bagi kami, masyarakat sekitar kampus lebih tepat untuk diprioritaskan sebagai objek pengabdian mahasiswa.

Keempat, terkait misi apresiasi terhadap minat dan bakat mahasiswa. Kami hendak membuat situs pusat informasi acara yang diselenggarakan oleh semua LK KM IPB. Kami berharap situs ini menjadi sarana untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan info-info kegiatan semua LK KM IPB.

Kami juga ingin memberikan apresiasi lebih terkait keprofesian mahasiswa IPB dalam bingkai pengabdian masyarakat. Kami hendak menyelenggarakan kompetisi bagi semua Himpunan Profesi yang ada di IPB untuk membuat konsep penerapan ilmu keprofesiannya yang tepat guna bagi masyarakat.

Kami yakin, rekan-rekan mahasiswa memiliki lebih banyak ide yang berbeda, keren, dan tentunya lebih segar. Kami berharap rekan-rekan bisa berbagi ide, bagi kami dan semua mahasiswa IPB. Tentunya ide yang dibagikan akan membawa kebermafaatan yang berlipat ganda🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s